Banner Ads 480X60

Selasa, 25 April 2017

Facebook Profil vs Facebook FanPage

Posted by Daniel Ldt Ttnt on Selasa, 25 April 2017


FACEBOOK

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 . Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

Facebook terus membuat perubahan yang memiliki implikasi untuk keuntungan bisnis dan mengarahkan traffic atau lalu lintas. Mereka telah meluncurkan tiga update terbaru untuk plugin sosial tombol Like.


Sekilas tentang fitur tambahan Facebook :

  1. Kemampuan untuk menyukai kanvas URL untuk aplikasi Facebook yang mewakili hal-hal seperti penyebab, film, atau benda-benda dunia nyata
  2. Kemampuan link tombol Like untuk sebuah Facebook Page
  3. Tersedia layout “box count” yang menampilkan jumlah total dari like di atas tombol
Mau tahu Perbedaan dan keuntungan FACEBOOK pada fitur dominannya ?

antara Facebook Profile – Facebook Pages antara lain sebagai berikut :

Facebook Profil


Merupakan halaman utama pada facebook dimana kamu dapat menampilkan identitas pribadi seperti nama profil, Foto profil juga alamat maupun hobi atau semua hal tentang kesukaan atau aktifitas maupun profesi dapat kamu tampilkan pada halaman situs jejaring sosial pada akun facebook yang kamu punyai.

Melalui alamat email yang telah kamu tentukan sebagai media penerimaan juga penyalur semua notifikasi kegiatan yang ada pada halaman profil facebook kamu akan tersimpan didalamnya.

Karakteristik minat “friendlist” pada facebook profil bersifat abstrak, Dengan kata lain sebagian besar atau sebagian kecil dari jumlah rata-rata memiliki minat hanya sebatas untuk mengenal profil pribadi kamu atau terlibat pada kepentingan tertentu misal teman kerja , Relasi, Persamaan hobi atau aktifitas tertentu. Pada facebook profil sangat riskan apabila digunakan untuk sebagai sarana promosi.

Berikut Fitur umum pada Facebook :
  • Wall.
  • Photo & Video
  • Notes
  • Info
  • Link
Cara untuk membuat Facebook Profile:

  1. Kamu bisa login di google atau yahoo lalu ketikan www.facebook.com
  2. Di sebelah kanan kamu ada SING UP lalu isikan identitas diri anda yang lengkap
  3. Setelah tahap pengisian selesai berikutnya lalu klik sign up
  4. Disitu terdapat tampilan text in the box isikan sesuai dengan gambar tersebut lalu klik sign up
  5. Sekarang kamu bisa masuk ke alamat email kamu yang sudah di daftarkan di facebook lalu kamu klik code verifikasi pada facebook.
  6. Kamu akan masuk di add friends using your email account
  7. Lalu isikan password email kamu, lalu klik find friends
  8. Kamu bisa menambakan teman yang ada di email kamu dengan klikselect all friends selanjutnya klik add friends.
Facebook Page


Facebook Page, adalah halaman bagi perorangan (artis,tokoh,idola) atau perusahaan . Dengan Facebook page maka perusahaan akan dapat berkomunikasi dengan para konsumennya . Secara umum Facebook Pages memiliki tampilan dan fungsi seperti Facebook Profile pribadi, namun pada Facebook Pages yang diwakilkan adalah brand bukan individu. Jika dalam akun pribadi hubungan pertemanan disebut dengan Friends,

pada Facebook Pages hubungan pertemanan disebut Fans.

Mengapa PAGE?

Beda paling besar antara page (Facebook Page) dengan profile pribadi (Facebook Profil) adalah TARGET. Mereka yang menyertai PAGE adalah lebih berminat untuk mengetahui mengenai produk atau informasi tertentu berbanding mereka yang berada di dalam profile pribadi kita. Dengan melalui fitur “Like” atau “add page” pemilik facebook page akan sangat mudah mengetahui seberapa besar peminat atas page yang mereka buat atau miliki.

Dengan memilik fan page atau Facebook Page, dapat membuat komunitas pecinta produk/ service yang ditawarkan. Fungsi fan page untuk menginformasikan produk-produk terbaru dan aktivitas promosi.

Apa perbedaan Facebook Page dengan Facebook profile biasa?

Berikut ini sedikit penjelasannya:

– Dari segi anggota (teman atau member) Facebook Page tidak memiliki batasan, Sedangkan Facebook biasa terbatas dengan maksimal 5.000 anggota.
  • Pada Facebook Page, Updates status tidak ada batasan karakter, Namun untuk akun Facebook biasanya hanya 460 karakter dan jika melewati batas karakter maka akan dialihkan kedalam isi fitur notes padaFacebook Profile
  • Pada Facebook Page terdapat topik serta agenda yang tidak dimiliki di halaman profil Facebook biasa.
Adapun fungsi lain dari Facebook Page :
  • Sebagai sarana promosi pribadi atau usaha
  • Anggota dalam Pages disbebut sebagai Fans.
  • Dapat menambahkan aplikasi.
  • Dapat memiliki alamat URL khusus.
  • Terdapat fitur untuk memonitor jumlah pengunjung Pages.
  • Memiliki status update yang akan muncul di halaman update para Fans.
  • Admin dapat mengirimkan pesan ke semua Fans berapapun jumlah Fans-nya.
Berikut Fitur umum pada Facebook Page :
  • Wall
  • Info
  • Photo & Video.
  • Discussion Board.
Cara untuk membuat Facebook Pages :
  1. Bukalah halaman http://www.facebook.com/advertising/?pages pada browser kamu. Kemudian klik Create a Page.
  2. Isi semua data yang diminta. Pada kolom Category, pilih jenis kategori dari produk yang akan kamu buat Facebook Page-nya kemudian tulis nama dari produk tersebut pada kolom dibawahnya. Pada kolom Security check, tuliskan kembali tulisan yang ada dalam kotak. Selanjutnya klik pada kotak di sebelah tulisan I am authorized to create this page dan ketik nama kamu pada kolom di bawahnya.
  3. Akan muncul tampilan menu Create a Facebook account. Jika kamu belum memiliki akun Facebook, isi semua kolom pada opsi I do not have a Facebook kemudian klik Sign Up Now!
  4. Bagi kamu yang telah memiliki akun Facebook, tandai tulisan I already have a Facebook account. Kemudian isi email dan password yang kamu gunakan untuk akun Facebook kamu dan klik Login.
  5. Sekarang Facebook Pages kamu sudah jadi dan dapat digunakan. Untuk mulai menulis informasi seputar Facebook Pages kamu klik tulisan Edit Information. kamu bisa mengubah informasi dan mengunggah foto seperti layaknya yang kamu lakukan pada isi Facebook Profile kamu. Disini kamu juga bisa menambahkan teman kamu sebagai Admin dengan mengklik Add Admins pada menu bagian kiri.
Oleh karena itu dengan memilik fan page, dapat membuat komunitas pecinta produk / service yang ditawarkan. Fungsi fan page untuk menginformasikan produk-produk terbaru dan aktivitas promosi.

Dengan banyak dan pesatnya pertambahan jumlah user pada situs jaringan sosial ini ,Facebook dengan fitur aplikasi Facebook Pages jelas mampu dijadikan akses utama penuh sebagai media bisnis saat ini dan untuk tahun mendatang.

Banner Ads 300X250
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan : My Blog, My Rules
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Gunakan Bahasa yang Sopan, Hargai Orang Lain
- Tidak Diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam